Jelang Asian Games 2018, Atlet Indonesia Dapat Vaksin Influenza

Senin, 16 Juli 2018 - 14:30 WIB
Jelang Asian Games 2018, Atlet Indonesia Dapat Vaksin Influenza
Jelang Asian Games 2018, Atlet Indonesia Dapat Vaksin Influenza
A A A
JAKARTA - Pusat Pengembangan IPTEK dan Kesehatan Olahraga Nasional (PP-ITKON) sebagai UPT Kemenpora kembali menggelar kegiatan layanan kesehatan umum berupa vaksinasi bagi atlet. Kegiatan ini untuk mendukung optimalisasi pelaksanaan tugas dalam upaya meningkatkan prestasi olahraga pada Asian Games dan Asian Paragames 2018.

Vaksinasi yang diberikan Satgas Imunisasi Dewasa PBPAPDI dan Sanofi Pasteur Indonesia ini berupa vaksinasi influenza yang mampu bertahan selama 1 tahun. Vaksin ini dinilai dapat membantu menjaga daya tahan tubuh para atlet terhindar dari penyakit influenza sehingga tetap prima saat bertanding di Asian Games 2018 pada Agustus mendatang.

"Ada beberapa vaksin yang bisa kita berikan untuk atlet. Vaksinnya macam-macam, ada cholera, tetanus, hepatitis dan dalam kesempatan ini kita memberikan vaksin influenza," kata Staf Ahli PPITKON dr Hariyono, SpPD saat acara Vaksinasi Influenza Bagi Atlet di Kemenpora, Jakarta, Senin (16/7/2018).

"Vaksin influenza diberikan dengan suntikan intramuskular. Vaksin influenza efektif melindungi sampai dengan 90% individu sehat dan memang vaksin bertahan sampai 1 tahun dengan catatan berikutnya kita berikan vaksin," tambahnya

Seperti diketahui, influenza merupakan penyakit saluran pernapasan akut yang mudah menular yang disebabkan oleh virus influenza. Penularan virus sangat mudah terjadi melalui udara dan percikan ludah atau kontak langsung dari seseorang yang infeksius. Meski dapat pulih dengan sendirinya, namun bagi atlet, influenza sangat merugikan.

"Atlet butuh latihan dan daya tahan tubuh yang baik jadi gampang tertular (influenza). Influenza bisa menurunkan produktivitas dan meningkatkan biaya kesehatan. Reputasi menurun. Virus influenza cepat sekali bermutasi. Vaksin harus diberikan setiap tahun untuk memberikan pelindungan yang maksimal," kata Satgas Imunisasi Dewasa Dr dr Iris Rengganis, SpPD, K-AI, FINASIM.

Sementara, vaksinasi diberikan kepada 120 atlet dari berbagai cabang olahraga di Asian Games 2018. Nantinya vaksinasi akan diberikan secara bertahap. Pemberian vaksinasi influenza ini pun diharapkan bisa membantu atlet tetap berkualitas dan memenangkan setiap pertandingan.

"Dari 940 atlet, tidak semua diberikan vaksin influenza, sebab ini baru pertama. Ada 120 atlet yang akan divaksin hari ini, tentu secara bertahap kita akan melakukan yang sama. Setelah Asian Games mungkin ada lagi. Bagaimana pun vaksinasi untuk atlet itu penting. Jadi setelah ini ada lagi. Sesuai siklus. Semua atlet, khususnya atlet Indonesia akan kita berikan secara bertahap," ungkap Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora RI Prof. Dr. Mulyana, M.Pd.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5666 seconds (0.1#10.140)